Bisnis & Usaha

Topik Pilihan Seputar Pulau Bawean

Potensi Buah Sukun (Bread Fruite)

Pualang dari bawean seperti biasanya akan di bawakan bingkisan (oleh-oleh) dari sanak kerabat untuk dibawah ke tempat perantauan, seperti biasa oleh oleh khas bawean koncok-koncok dan karupuk sanggar merupakan menu utama.
namun saat pulang kali ini ada satu oleh-oleh yang beda, bentuknya seperti kripik, setelah saya lihat ternyata kripik sukun dari paman saya yang baru nikah didaerah gunung.
saya coba makan dan sangat enak rasa manis gurih sangat terasa, iseng iseng saya brosing tentang buah sukun, dari hasil pencarian digoogle ada tulisan yang menghubungkan buah sukun dan bawean.


"daerah Cilacap yang dikenal sebagai sentra produksi sukun di Indonesia yang menurut sejarahnya mendatang-kan sukun dari Pulau Bawean"
centara buah sukun di indonesia adalah di cilacap namun dari buku tersebut pengembangan buah sukun cilacap bibitnya diambil dari bawean. saya sangat terkejut akan hal tersebut, dibawean sukun belum dijadikan produk unggulan.


berikut sekilas tentang buah sukun dan olahannya


Sukun merupakan tanaman pangan alternatif di Indonesia sejak tahun 1920, yang pada awalnya tanaman ini tidak banyak ditanam orang, namun sekarang sudah cukup populer karena dapat dibuat berbagai makanan beraneka ragam terbuat dari sukun misalnya: goreng sukusukun, getuk sukun, kolak sukun, cake sukun, mie sukun, klepon sukun, dodol sukun, bola sukun, apem sukun dan bahan baku pembuat Pek empek (makanan khas Palembang) dan lain-lain. Karena dengan dibuat tepung sukun maka makanan ini menunjukkan amat bermanfaat bagi kehidupan manusia.


Sukun merupakan tanaman pangan alternatif
Tanaman sukun yang diambil buahnya dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan pokok, dimana sukun merupakan tanaman asli Indonesia yang penyebaran tanaman sukun dapat cocok ditanam di daerah tropis, dapat tumbuh di daerah pesisir pantai serta banyaknya daerah-daerah yang ditanami sukun sehingga menunjuk-kan bahwa bahan pangan alternatif ini sudah cukup lama dikenal masyarakat Indonesia, sangat disayangkan bahwa kepopuleran sukun kalah dengan kentang sebagai makanan cepat saji dimata anak-anak pada umumnya. Padahal manfaat sukun sebagai bahan pangan alternatif telah dikenal sejak lama di Indonesia dan pada zaman penjajahan Belanda sukun lebih populer sebagai pangan alternatif disamping sebagai makanan sampingan (cemilan).
berikut beberapa olahan buah sukun

 

semoga menginspirasi togellen untuk membuat olahan dari sukun sebagai buah tangan dari baweanku
"Menggali Potensi, Membangun bawean"


Kembali ke halaman sebelumnya